Apa Penyakit Biliary Atresia

Alexander February 28, 2013 1
Apa Penyakit Biliary Atresia

BILIARY ATRESIA adalah penyakit langka  yang mengancam jiwa bayi di mana saluran yang mengalirkan empedu cair dari hati tidak berkembang secara normal atau rusak. Selama ini penyakit tersebut selalu membawa kematian akibat gagalnya hati. Dengan kerusakan akibat Biliary Atresia maka cairan empedu akan terperangkap dan mengakibatkan terjadi kerusakan hati.

Saluran empedu ini begitu penting karena membawa cairan yang dibuat oleh hati dengan dua fungsi utama, yaitu membawa racun dan produk limbah keluar dari tubuh dan membantu tubuh mencerna lemak dan menyerap vitamin larut lemak A, D, E, dan K.

Menurut data dari USA, penyakit yang juga dikenal dengan nama “extrahepatic ductopenia” dan “progressive obliterative cholangiopathy” ini sangat langka. Dari 10 ribu hingga 15 ribu hanya terjadi satu kasus saja. Anak perempuan lebih berpotensi untuk terjangkit Biliary Atresia dibanding anak laki-laki. Asia dan Afrika-Amerika lebih sering terkena daripada Eropa.

Namun sekarang ini ada operasi khusus yang memberikan peluang besar hingga mencapai 90 persen kesembuhan. Cara tersebut adalah proses pencangkokan hati atau transplantasi hati, namun memang memakan biaya yang sangat banyak.

Menurut berbagai literatur yang ada, belum ada penjelasan soal bagaimana penyakit ini bisa terjadi atau faktor penyebabnya.

Beberapa ciri dan sebaiknya cepat diantisipasi adalah dengan sigap memperhatikannya. Bayi yang menderita akan mengembangkan Jaundice atau warna kuning pada kulit sebagai gejala meningkatnya kenaikan bilirubin dalam darah. Gejala lain adalah urin berwarna gelap dan tinja berwarna pucat.

Banyak bayi yang baru lahir kulitnya berubah kuning namun sifatnya sementara. Namun bila kejadian tersebut berlangsung lebih dari 14 hari, terutama jika ada gejala lain seperti pembesaran hati atau pertumbuhan badan tidak naik (gagal tumbuh), maka adalah tanda mengkuatirkan dan harus diperiksakan segera.

One Comment »

  1. adri March 14, 2013 at 11:42 pm - Reply

    liputan ttg kondisi nyfara udah bang ?

Leave A Response »

Switch to our mobile site