Arah Tata Ruang Kota Medan Tidak Jelas

Alexander July 15, 2012 0
Arah Tata Ruang Kota Medan Tidak Jelas

MEDAN – Tata Kota Medan saat ini kian tidak jelas arah pembangunannya. Akibatnya, macet dan banjir masih terus terjadi. Hal ini disampaikan oleh Pengamat Tata Kota, Bambang Karsono, ST, MT dalam acara Forum Live salah satu stasiun radio Medan, baru-baru ini.

Disampaikannya, dalam hal penanggulangan kemacetan, pemerintah harus berkomitmen melakukan perubahan. “Idealnya di setiap kota harus memiliki batasan jumlah penduduk. Jika jumlah penduduk meningkat, maka pemerintah harus mengarahkan sebuah tempat ke daerah-daerah pinggiran agar kemacetan dan kejadian alam lainnya tidak akan terjadi,” katanya.

Lanjutnya, sampai saat ini percepatan pembangunan Kota Medan positif. Namun fenomena bangunan-bangunan yang semakin meningkat yang tidak lagi menghiraukan ruang terbuka hijau adalah akibat ketidakmampuan pemerintah.

“Perkembangan Kota Medan sekarang tidak terkendali, bangunan komersial seperti Aston dan Merdeka Walk serta tempat-tempat hiburan lainnya terdapat tepat di jantung pusat kota. Efeknya, kemacetan yang sangat besar terjadi, karena masyarakat menuju satu titik tersebut. Seharusnya pemerintah mengalihkan tempat-tempat yang menjadi pusat perhatian masyarakat ini ke lokasi lain,” katanya. (Puput J Damanik)

Leave A Response »

Switch to our mobile site