Asperindo Sumut Protes Kenaikan Tarif Gudang Kargo

Alexander November 18, 2011 0
Asperindo Sumut Protes Kenaikan Tarif Gudang Kargo

MEDAN – Menyikapi adanya kenaikan jasa tarif gudang kargo di Bandara Polonia Medan hingga sebesar 100 persen, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) menolak dengan tegas.

Ketua Asperindo Sumut, M Eka Tarigan didampingi Dewan Penasehat Asperindo, A Tristiyanto mengatakan, kenaikan tarif gudang kargo sangatlah berdampak bagi keberlangsungan pengusaha pengiriman ekspres yang memiliki ribuan karyawan di Sumut. Pihaknya, bahkan melakukan aksi turun ke jalan agar rencana kenaikan tarif gudang kargo dibatalkan.

“Tentu saja kita resah dengan rencana kenaikan tersebut. Karena operasional kita tentunya akan membengkak sementara kita tidak bisa serta-merta menaikkan tarif pengiriman kepada konsumen,” ujar Eka kepada wartawan di kantornya, Jalan Brigjen Katamso Medan, kemarin.

Tristiyanto mengatakan, berdasarkan pertemuan sebelumnya pihak Bandara Polonia melalui Gapura Angkasa Medan berencana menaikkan tarif sewa gudang sebesar 100%. Menurutnya, rencana kenaikan tarif sewa gudang tersebut dinilai kurang bijak di tengah kondisi perekonomian yang sedang tidak stabil.

“Kalaupun dinaikkan paling tidak saat bandara pindah ke Kualanamu. Apalagi kondisi perekonomian kita saat ini sedang tidak stabil,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah kenaikan tarif sewa tersebut berkaitan dengan akan diterapkannya Regulated Agen (RA) di Bandara Polonia Medan yang menangani prihal pengiriman barang kargo.

“Pada pertemuan beberapa waktu lalu orang Adban (Administratur Bandara) pernah mengatakan kalau RA akan diberlakukan di Polonia Medan. Tapi soal waktunya kita belum tahu,” jelasnya.

Meskipun begitu, kata Tristiyanto, keputusan kenaikan tarif sewa gudang sebesar 100% sangat memberatkan pihaknya karena mengancam keberlangsungan perusahaan pengiriman ekspres di Sumut.

“Jika tetap dinaikkan juga kita akan melakukan protes resmi,” ujar Trisyanto. (Laporan: Muhammad Isya/ misya@medanmagazine.com/ Foto: indonetwork.co.id)

Leave A Response »

Switch to our mobile site