kabid Ekonomi BI Michael Budisatrio

Bank Indonesia Medan Gelar Bazaar Intermediasi Peternakan

MEDAN - Untuk mendukung usaha peternakan sapi di Sumatera Utara (Sumut), Bank Indonesia (BI) Medan akan mengadakan acara “Bazaar Intermediasi Peternakan Ruminansia dan Perbankan Provinsi Sumut 2011”. Acara ini akan diselenggarakan di Lapangan Benteng, Medan pada tanggal 21-22 Desember 2011, pukul 09.00-18.00WIB.

“Latar belakang diadakannya Bazaar ini antara lain karena Provinsi Sumut memiliki potensi besar untuk pengembangan peternakan sapi di Indonesia. Berdasarkan hasil Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau (PSPK) Tahun 2011, Sumut memiliki 504.624 ekor lembu dan kerbau yang dipelihara oleh 148.845 peternak,” ungkap Kabid Moneter Ekonomi dan Moneter Regional Sumut dan Aceh, Mikael Budisatrio, di kantornya, Jumat (9/12/11).

Secara nasional, sebutnya, Sumut berada pada peringkat ke-8 (delapan), di bawah Jatim (peringkat 1), Jateng, Sulsel, NTT, Lampung, NTB, dan Bali.

Mengingat potensi luar biasa dari peternakan ruminansia –hewan pemamah biak seperti sapi, kerbau, dan kambing- di Sumut tersebut, Kantor Bank Indonesia (KBI) Medan menginisiasi acara  ”Bazar Intermediasi Peternakan Ruminansia dan Perbankan Provinsi Sumatera Utara 2011” sebagai bentuk ekspos ke masyarakat.

Saat ini banyak skim kredit program dari Pemerintah untuk pemberdayaan peternak sapi yang disalurkan di bank-bank umum, diantaranya adalah Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) dan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE).

Dengan adanya kegiatan bazaar maka akan terlihat upaya perbankan dalam kegiatan intermediasi atau menghubungkan permodalan ke sektor peternakan.

Acara bazaar akan dibuka oleh Menteri Pertanian RI dan dihadiri oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara, Deputi Gubernur BI, Pemimpin Kantor Bank Indonesia se-Sumatera, Walikota Medan, dan Kepala Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi/ Kota/ Kabupaten.

Stand akan diisi oleh bank umum, SKPD, peternak sapi dan kambing ettawa, lembaga penyedia peralatan mesin pertanian, serta perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan sapi dan turunannya. Beberapa sapi yang akan ditampilkan berasal dari peternak anggota Forum Komunikasi Peternak Binaan BI, peternakan nasabah bank umum, dan beberapa sapi juara di tingkat Nasional dari Provinsi Sumut.

Untuk mendukung dan menyongsong program Visit Medan Year 2012, sesudah acara pembukaan para tamu undangan dan wartawan akan city tour menyaksikan warisan budaya di Medan.

“Hadirilah Bazaar ini agar masyarakat dapat melihat langsung perkembangan usaha peternakan sapi di Sumut,” imbuhnya. (Laporan: Muhammad Isya/isya@medanmagazine.com)

Share This Article

BI Rate Tetap Dipertahankan di Level 6 Persen

Next Story »

2012 Angkutan Massal Transmedan Mulai Beroperasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    1 month ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • Dr-Lee-Lasik

    Mata Indah: Antara Rias Wajah dan Kesehatan

    1 month ago

    JAKARTA – Keanekaragaman produk riasan mata, lensa kontak mewah, kacamata hitam yang keren, dan bingkai kacamata rancangan desainer ternama menyiratkan satu tujuan; orang ingin membuat mata mereka ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • indian-cuisine-edit

    Nikmati Indian Cuisine di JW Marriott Medan

    1 week ago

    MEDAN – Diwali yang jatuh pada 23 Oktober 2014 turut dirayakan di Marriott Café JW Marriott Hotel, Medan. Diwali adalah festival tahun baru dalam agama Hindu. Festival ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Ananta-Nurudi-Sawung-Berpos

    Harapan Kalteng untuk Menpar Baru

    20 hours ago

    PALANGKARAYA – Runner Up Putra Pariwisata Kalimantan Tengah 2013, Ananta Nurudi Sawung mengharapkan Menteri Pariwisata Kabinet Kerja, Arief Yahya, bisa mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Kalimantan Tengah ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More