kabid Ekonomi BI Michael Budisatrio

Bank Indonesia Medan Gelar Bazaar Intermediasi Peternakan

MEDAN - Untuk mendukung usaha peternakan sapi di Sumatera Utara (Sumut), Bank Indonesia (BI) Medan akan mengadakan acara “Bazaar Intermediasi Peternakan Ruminansia dan Perbankan Provinsi Sumut 2011”. Acara ini akan diselenggarakan di Lapangan Benteng, Medan pada tanggal 21-22 Desember 2011, pukul 09.00-18.00WIB.

“Latar belakang diadakannya Bazaar ini antara lain karena Provinsi Sumut memiliki potensi besar untuk pengembangan peternakan sapi di Indonesia. Berdasarkan hasil Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau (PSPK) Tahun 2011, Sumut memiliki 504.624 ekor lembu dan kerbau yang dipelihara oleh 148.845 peternak,” ungkap Kabid Moneter Ekonomi dan Moneter Regional Sumut dan Aceh, Mikael Budisatrio, di kantornya, Jumat (9/12/11).

Secara nasional, sebutnya, Sumut berada pada peringkat ke-8 (delapan), di bawah Jatim (peringkat 1), Jateng, Sulsel, NTT, Lampung, NTB, dan Bali.

Mengingat potensi luar biasa dari peternakan ruminansia –hewan pemamah biak seperti sapi, kerbau, dan kambing- di Sumut tersebut, Kantor Bank Indonesia (KBI) Medan menginisiasi acara  ”Bazar Intermediasi Peternakan Ruminansia dan Perbankan Provinsi Sumatera Utara 2011” sebagai bentuk ekspos ke masyarakat.

Saat ini banyak skim kredit program dari Pemerintah untuk pemberdayaan peternak sapi yang disalurkan di bank-bank umum, diantaranya adalah Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) dan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE).

Dengan adanya kegiatan bazaar maka akan terlihat upaya perbankan dalam kegiatan intermediasi atau menghubungkan permodalan ke sektor peternakan.

Acara bazaar akan dibuka oleh Menteri Pertanian RI dan dihadiri oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara, Deputi Gubernur BI, Pemimpin Kantor Bank Indonesia se-Sumatera, Walikota Medan, dan Kepala Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi/ Kota/ Kabupaten.

Stand akan diisi oleh bank umum, SKPD, peternak sapi dan kambing ettawa, lembaga penyedia peralatan mesin pertanian, serta perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan sapi dan turunannya. Beberapa sapi yang akan ditampilkan berasal dari peternak anggota Forum Komunikasi Peternak Binaan BI, peternakan nasabah bank umum, dan beberapa sapi juara di tingkat Nasional dari Provinsi Sumut.

Untuk mendukung dan menyongsong program Visit Medan Year 2012, sesudah acara pembukaan para tamu undangan dan wartawan akan city tour menyaksikan warisan budaya di Medan.

“Hadirilah Bazaar ini agar masyarakat dapat melihat langsung perkembangan usaha peternakan sapi di Sumut,” imbuhnya. (Laporan: Muhammad Isya/isya@medanmagazine.com)

Share This Article

BI Rate Tetap Dipertahankan di Level 6 Persen

Next Story »

2012 Angkutan Massal Transmedan Mulai Beroperasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • come-hell-or-high-water

    Yuk Nonton Film Dokumenter Bersama Konsulat AS

    1 month ago

    MEDAN – Tahun ini Konsulat AS Medan kembali mengadakan kegiatan American Film Showcase (AFS). Pembuat film Leah Mahan akan datang ke Medan dan Banda Aceh bersama dengan ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • sleepy-girl

    Awas 5 “Warning” Tubuh Ini

    5 months ago

    MEDAN – Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan semestinya. Ketika pola makan Anda kurang nutrisi, jangan heran jika akan mengalami gejala-gejala aneh pada tubuh. ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • World Baking Day 2015

    Artikel Sponsor: World Baking Day

    2 weeks ago

    TAHUKAH ANDA bahwa tanggal 17 Mei merupakan World Baking Day (Hari Memasak Sedunia)? Tahun ini, Blue Band, merk margarine yang sangat popular di Indonesia, mengajak kita memasak untuk ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Matthew-Ludji-(Kiri)-dan-Novita-Adipati-Chandra-(Kanan)-Berfoto-Bersama-Ketua-Adwindo-Adi-Pratama-di-Grand-Final-Pemilihan-Duta-Wisata-Indonesia-2014

    Balikpapan Kota Paling Dicintai Sedunia

    2 weeks ago

    BALIKPAPAN – Balikpapan dinobatkan sebagai The Most Lovable Sustainable City for 2015 atau kota paling dicintai di dunia dalam kampanye We Love Cities. Penghargaan ini merupakan bagian ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More