uang-rupiah-baru

BI Medan Sediakan 73 Loket Penukaran Uang

MEDAN – Bank Indonesia (BI) Medan/Wilayah IX Sumut dan Aceh menyiapkan 73 loket penukaran Uang Pecahan baru Kecil (UPK) di Kota Medan sekitarnya. Pelayanan UPK ini dalam rangka menghadapi Lebaran tahun 2012 /Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Jumlah loket itu bertambah satu loket, dibandingkan jumlah loket pada Lebaran/Idul Fitri tahun lalu.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran BI Medan, Kahfi Zulkarnaen didampingi Deputi Direktur Divisi Ekonomi dan Moneter BI Wilayah Sumut dan Aceh, Mikael Budisatrio mengungkapkan, banyak lokasi tempat penukaran yang disiapkan dan lebih mudah terjangkau warga/masyarakat mendapatkan
uang pecahan baru kecil tersebut.

“Penambahan satu loket itu adalah satu mobil kas, yaitu dari Bank Sumut, yang Lebaran tahun lalu tidak ikut melayani. Jadi, khusus di Lapangan Merdeka ada empat mobil kas atau empat bank yang stand by melayani warga Medan yang membutuhkan uang pecahan baru kecil untuk persediaan Lebaran. Empat mobil kas bank itu adalah BI Medan, Bank Mandiri, BNI, dan Bank Sumut,” ujar Kahfi, Senin sore (30/7/2012).

Dikatakannya, tempat penukaran uang pecahan baru itu diperbanyak guna menghindari antrean,khususnya yang berada Lapangan Merdeka. Selain di ke empat bank tersebut, BI Medan juga melayani masyarakat Medan dan Binjai akan kebutuhan UPK yakni di 14 instansi pemerintah, di antaranya berada di Kantor Gubsu, Kantor Walikota Medan, Bandara Polonia, Kantor Samsat, Polda Sumut, Brimob Medan dan Brimob Binjai, Kejaksaan, PLN, Telkom dan Pertamina.

“Kita juga melayani UPK ini di enam pasar tradisional di dalam Kota Medan, Pusat Pasar (Sentral), Petisah, Pajak Sei Sikambing, Pajak Simpang Limun, Sambas dan Pasar Tanjung Morawa,” kata Kahfi lagi.

Ditambahkan Mikael, bahkan mobil keliling Bank Indonesia juga dikerahkan untuk mendeteksi tempat penukaran yang kekurangan uang.

Disebutkannya, jadwal pelayanan penukaran UPK itu, untuk Pasar Tradisional mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 2 Agustus 2012, di Lapangan Merdeka mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2012, dan instansi pemerintah tanggal 3-9 Agustus 2012.

“Kita tidak membatasi berapa jumlah nominal uang yang dibutuhkan masyarakat untuk ditukarkan uang baru ini. Berapun boleh ditukar. Loket sudah kita buka mulai jam 09:00 WIB-12:00 WIB,” kata Kahfi.

Uang Pecahan kecil (UPK) yang dapat ditukar masyarakat di tempat-tempat lokasi, yakni mulai Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 sampai uang pecahan besar Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000. (Muhammad Isya)

Share This Article

Harga Emas London Rp 495 Ribu per Gram

Next Story »

Walikota Medan Tinjau UKG 2012

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    3 months ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • sleepy-girl

    Awas 5 “Warning” Tubuh Ini

    5 days ago

    MEDAN – Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan semestinya. Ketika pola makan Anda kurang nutrisi, jangan heran jika akan mengalami gejala-gejala aneh pada tubuh. ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • santika-medan

    Yuk Cicipi Masakan Italia di Santika Medan

    2 weeks ago

    MEDAN – Bulan Desember ini, Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan diramaikan dengan makanan Indonesia dipadukan dengan Italia dalam gelaran awal bulan Raon-raon Saminggu Makan Sukak-Sukak ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Panda-Singapura

    Kenapa Panda Berwarna Hitam Putih?

    2 months ago

    JAKARTA – Panda yang berasal dari Cina adalah hewan yang sangat langka. Diperkirakan hanya ada sekitar 2.000 sampai 3.000 panda di seluruh dunia. Bentuk tubuh panda sangat ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More