BKMT Sumut Siap Menjadi Contoh

RN May 22, 2012 0
BKMT Sumut Siap Menjadi Contoh

MEDAN – Pengurus baru Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Sumut telah berketetapan hati dan berkomitmen untuk lebih mendepankan program di bidang kesehatan, pendidikan umat serta pemberdayaan ekonomi syariah di samping tetap menjalankan fungsi organisasi dan dakwah.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua terpilih BKMT Sumut periode 2012-2017, Drs. HJ Rosmawati Harahap Psi saat memberikan kata sambutan pertamanya menjadi ketua pengurus BKMT di Aula madinatul Hujjaz Asrama Haji, Medan, Jalan A.H Nasution, Selasa (22/5).

Disampaikannya juga bahwa Majelis taklim akan membentuk keimanan dan ketaqwaan, pengetahuan dan wawasan yang islamiah yang akan memperkokoh aqidah, syariah, muamalah dan akhlak manusia, utamanya bagi kaum ibu sebagai tiang rumah tangga dalam kehidupan keluarga.

“Pada kesempatan ini, saya mengharapkan para unsur pimpinan Pengurus Daerah dari Kabupaten dan kota maupun pengurus cabang untuk hijrah agar tidak lagi menjadikan majelis taklim itu hanya seputar kegiatan pengajian dan wirid saja, namun kita dapat mengambil langkah-langkah pro-aktif dengan menyelaraskan program-program kerja kedepan,” terangnya.

Lanjutnya BKMT Sumut sebagai wadah Majelis Taklim siap mengembangkan beberapa hal strategis yakni menyelaraskan dengan fungsi manajemen serta peran dan fungsi, peran strategis, dan karakteristik keislaman. Kemudian ikut berperan aktif mendorong pemerintah baik unsur Eksekutif maupun legislatif dalam peningkatan dan pemberdayaan ekonomi umat.

“Hal tersebut penting mengingat masih banyaknya masyarakat khususnya umat islam yang hidup dibawah garis kemiskinan, untuk itu perlu untuk kita mengembangkan ekonomi syariah dengan menghidupkan lembaga-lembaga keuangan syariah (LKS) baik bank maupun non bank, upaya ini diharapkan akan menimbulkan dampak yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan ekonomi umat,” jelasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kementrian Agama Sumatera Utara yang diwakili oleh Kabid PK Pontren dan Pena Mas, Drs. H. Jaharuddin S.Pdi, MA mengungkapkan bahwa BMKT Sumut yang didalamnya adalah wanita atau para ibu diharapkan bukan hanya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan ekonomi namun juha harus dapat ikut mencerdaskan anak bangsa.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Bank Sumut, Gus Irawan menyampaikan bahwa wanita adalah tiang dari sebuah negara. Posisi wanita sangat penting baik di keluarga, masyarakat dan negara. “Untuk itu BMKT dan organisasi perempuan lainnya di Sumut harus berjuang bagaimana memberi ruang kepada perempuan yang selama ini termarginalkan dengan membangun ekonomi kerakyatan yang berbasis perempuan,” jelasnya. (Puput Julianti Damanik)

Leave A Response »

Switch to our mobile site