ilustrasi peti kemas ekspor

Gali Pajak dari Pelabuhan Belawan

MEDAN – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kantor Wilayah Sumatera Utara I Medan menggali potensi pajak dari aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Belawan. Sebab, selama ini Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) yang terjadi akibat transaksi bisnis dan aktivitas bongkar muat barang dari dan ke pelabuhan itu diduga belum disetorkan secara benar.

Hal itu terungkap dalam acara bertajuk “Diskusi Kewajiban Pemungutan dan atau Pemotongan Pajak Terkait Kegiatan Bongkar Muat Barang di Pelabuhan” yang digelar Kanwil Pajak Sumut I Medan bersama Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Sumut, di Hotel Emerald Garden, Medan, Rabu (17/10/2012).

Diskusi yang dibuka Kakanwil Ditjen Pajak Sumut I Medan, Estu Budiarto dihadiri Ketua APBMI Sumut, Herbin Polin Marpaung, Sekretaris Wilayah Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (Gafeksi) Sumut , Wiluyo Hartono, Ketua BPD Gabungan Perusahaan Eksporter Indonesia (GPEI) Sumut yang juga Ketua BPD Gabungan Importir Nasional Indonesia (GINSI) Sumut, Khairul Mahalli, Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Belawan, T Hutabarat dan pihak terkait.

Estu Budiarto dalam sambutannya mengatakan, langkah menggelar diskusi tersebut untuk mendorong terciptanya fairness (kompetisi) yang sehat di kalangan pengusaha yakni agar semua pelaku usaha masing-masing membayar dan melaporkan pajaknya secara baik dan benar.

Sebab, kata dia, sangat tidak adil dan fair jika pengusaha yang membayar pajak secara baik disandingkan dengan pengusaha lain yang belum membayar pajak.

Estu Budiarto yang didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Belawan, Deli Azraaf dan Kepala Bidang Pelayanan Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat (Kabid P2Humas) Medan, M Simbolon menegaskan, pelaksanaan diskusi tersebut dimaksudkan untuk mengedukasi pelaku bisnis yang ada di kawasan pelabuhan agar memahami sekaligus menunaikan kewajiban perpajakannya.

“Terasa miris jika pelaku usaha dijatuhi sanksi perpajakan akibat faktor ketidaktahuannya. Dia mengimbau pasca diskusi dan sosialisasi tersebut agar pelaku usaha di Pelabuhan Belawan yakni eksporter, importer, penyedia jasa bongkar muat dan lainnya agar patuh membayar pajak terutang yang timbul akibat transaksi bisnis yang dilakukan dengan pihak mitra bisnisnya,” ujarnya.

Diungkap Estu Budiarto, bagi pelaku usaha yang terbukti tidak menunaikan kewajiban perpajakannya akan dijatuhi sanksi administratif yang cukup berat.

Seusai membuka diskusi menjawab pertanyaan wartawan, Estu Budiarto mengatakan, pihak Ditjen Pajak menilai penting mengedukasi pelaku bisnis di kawasan pelabuhan tentang kewajiban perpajakan.

Menurut dia, secara nominal, potensi pajak yang hilang di Pelabuhan Belawan tidak signifikan. Namun, edukasi penting untuk meningkatkan kesadaran pelaku usaha tentang kewajiban pajak sekaligus membangun iklim persaingan yang sehat di antara sesama pelaku usaha yakni agar sama-sama membayar pajak. (Muhammad Isya)

Share This Article

Calhaj Kloter Terakhir Embarkasi Medan Sudah Berangkat

Next Story »

Rawan Tumbang, Walikota Medan Janji Tertibkan Reklame

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • come-hell-or-high-water

    Yuk Nonton Film Dokumenter Bersama Konsulat AS

    1 month ago

    MEDAN – Tahun ini Konsulat AS Medan kembali mengadakan kegiatan American Film Showcase (AFS). Pembuat film Leah Mahan akan datang ke Medan dan Banda Aceh bersama dengan ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • sleepy-girl

    Awas 5 “Warning” Tubuh Ini

    5 months ago

    MEDAN – Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan semestinya. Ketika pola makan Anda kurang nutrisi, jangan heran jika akan mengalami gejala-gejala aneh pada tubuh. ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • World Baking Day 2015

    Artikel Sponsor: World Baking Day

    3 weeks ago

    TAHUKAH ANDA bahwa tanggal 17 Mei merupakan World Baking Day (Hari Memasak Sedunia)? Tahun ini, Blue Band, merk margarine yang sangat popular di Indonesia, mengajak kita memasak untuk ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Matthew-Ludji-(Kiri)-dan-Novita-Adipati-Chandra-(Kanan)-Berfoto-Bersama-Ketua-Adwindo-Adi-Pratama-di-Grand-Final-Pemilihan-Duta-Wisata-Indonesia-2014

    Balikpapan Kota Paling Dicintai Sedunia

    3 weeks ago

    BALIKPAPAN – Balikpapan dinobatkan sebagai The Most Lovable Sustainable City for 2015 atau kota paling dicintai di dunia dalam kampanye We Love Cities. Penghargaan ini merupakan bagian ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More