Gelombang I,1.167 Peserta Lulus Ujian Masuk UMSU

RN June 29, 2012 0
Gelombang I,1.167 Peserta Lulus Ujian Masuk UMSU

MEDAN –  Dari 1.237 calon mahasiswa yang mengikuti tes masuk ujian gelombang I yang dilakukan pada 23 Juni 2012 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sebanyak 1.167 orang peserta dinyatakan lulus termasuk 51 orang bebas tes rangking  lima besar di sekolahnya

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/2013 UMSU, Dr Muhyarsyah didampingi Sekretaris Panitia, Yudi Iswadi SE MSi, di kampus UMSU, Jumat (29/6/2012).

Muhyarsyah mengungkapkan, bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus bisa melakukan registrasi ulang mulai 25 Juni sampai 14 Juli 2012 di kampus utama UMSU Jl Kapten Muktar Basri Medan. Adapun prosedur pendaftaran khusus pada gelombang I pada fakultas umum non kedokteran jika dinyatakan rangking 5 besar di sekolahnya dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah, bebas tes seleksi UMSU. Peserta dapat langsung mendaftar sebagai mahasiswa baru dengan memenuhi kewajiban minimal melakukan pembayaran tahap I semester ganjil.

Sedangkan bagi peserta yang ikut seleksi dan dinyatakan lulus masuk rangking 10 besar dinyatakan bebas biaya SPP Tahun Akademik 2012/2013 untuk fakultas non kedokteran (DPP dan SKS tetap dibayar). Sedangkan masa perkenalan mahasiswa baru (MPMB) akan dilaksanakan pada 10-15 September dan perkuliahan awal akan dilakukan pada 17 September 2012.

Untuk gelombang II,tambah Muhyarsyah yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik UMSU, pendaftaran mahasiswa baru dilakukan mulai 23 Juni sampai 13 Juli dan tes masuk 14 Juli, pengumuman 16 Juli dan registerasi ulang pada 16 Juli sampai 31 Juli 2012.

Materi ujian untuk seleksi calon mahasiswa baru UMSU menggunakan pola tes potensi akademik (TPA) meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika dan penalaran dan kemampuan spasial. Khusus untuk fakultas kedokteran materi ujian sama seperti diatas dan ditambah denga psikotes dan wawancara.

Rektor UMSU Drs Agussani MAP mengatakan, pembelajaran yang dilakukan kepada mahasiswa melalui proses pembelajaran yang mengembangkan kemampuan belajar mandiri dengan cara komunikasi langsung atau tidak langsung, praktikum, penyelenggaraan percobaan dan pemberian tugas akademik lainya.

Khusus bagi dosen UMSU kini didukung oleh 242 dosen tetap, 78 dosen PNS Dpk, 383 dosen tidak tetap yang tersebar di 8 fakultas, 31 program studi dan memiliki alumni berjumlah 30.533 lulusan dengan total mahasiswa UMSU sekarang ini mencapai 18.283 orang.

“Dosen UMSU diwajibkan memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pnddikan nasional,” terang Rektor.

Dia menyebutkan, dosen kualifikasi Doktor (S3) mengajar pada program pascasarjana dan kualifikasi minimal magister (S2) mengajar pada program diploma dan sarjana. (Muhammad Isya)

Leave A Response »

Switch to our mobile site