GusMan Peduli Abang Beca

Alexander February 12, 2013 0
GusMan Peduli Abang Beca

Gus-dan-abang-beca-1MEDAN – GusMan sudah menyiapkan cara agar abang beca di Sumatera Utara dapat mencapai kesejahteraan ekonomi. GusMan punya mimpi agar para penarik beca menjadi pemilik atau tauke beca.

“Dasar pemikiran GusMan ini bagaimana caranya agar para penyewa beca dapat menjadi pemilik beca dan akhirnya menjadi tauke beca. Untuk itu, dibutuhkan koperasi untuk mewujudkan hal tersebut, karena selama ini abang beca terkendala uang sewa beca per harinya yang mencapai 25 ribu rupiah,” kata Cagubsu nomor urut 1, Gus Irawan Pasaribu, pada perayaan HUT ke-2 Forum Komunikasi Beca Bermotor Medan Utara (FKBMU) di Lapangan Pasar V, Jalan Besar Medan Marelan, Kelurahan Rengas Pulau, Medan Marelan, Minggu (10/2).

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumut ini memaparkan, selain kesejahteraan abang beca, yang tak kalah penting adalah memperjuangkan nasib para pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang sering terkendala modal saat akan mengembangkan usahanya dan akses pasar.

“Untuk itulah diperlukan modal bergulir yang akan disiapkan bagi para pelaku UKM yang nantinya bersumber dari APBD. Tentunya pasar tradisional juga akan dibangun khusus untuk akses pasar pelaku UKM,” pungkas Gus.

Sebeumnya, Cagubsu yang berpasangan dengan Soekirman ini diarak puluhan abang beca.
Gus diarak keliling sepanjang satu kilometer dari Jalan Besar Medan Marelan, Pasar III hingga ke Lapangan Pasar V, Kelurahan Rengas Pulau , Medan Marelan. Warga yang menyaksikan turut meneriakkan yel-yel: ‘Hidup GusMan, Hidup nomor 1’. Gus dari atas beca berulangkali melambaikan tangan kepada warga. Gus juga mengacungkan jari jempol kepada warga.

Setibanya di Lapangan Pasar V, Gus langsung disambut pengurus FKBMU, kader Gerindra, PAN, koalisi partai, Muspika, relawan dan simpatisan serta persatuan Marga Pasaribu Medan Marelan dan ratusan masyarakat. Hadir juga Ketua Fraksi PAN DPRD Sumut, Parluhutan Siregar.

Pada kesempatan itu, Gus memotong nasi tumpeng yang langsung diberikan kepada Ketua FKBMU, Syamsuri. Gus juga diberikan ulos Panggonggom dari Punguan Pasaribu Boru/Bere sektor 36 Medan Marelan. Selain iti, Elias Pranata Purba yang mengalami disabilitas menyerahkan lagu ciptaannya berjudul Sumut Sejahtera kepada Gus sebagai bentuk dukungan atas pencalonan pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman.

Ketua FKBMU, Syamsuri mengatakan, pasangan GusMan merupakan yang paling ideal untuk memimpin Sumut 2013-2018. Alasannya cukup sederhana, selain Gus yang semasa menjabat Dirut Bank Sumut pernah membantu Himpunan Abang Beca Sumatera Utara (HABSU), visi misi yang diusung GusMan juga menjadi kebutuhan utama masyarakat Sumut yakni perubahan dan perbaikan ekonomi.

“Saat ini kita lebih membutuhkan perbaikan ekonomi dibanding bidang lain. Sebab, bila kebutuhan ekonomi sudah terpenuhi, dimana angka kemiskinan bisa ditekan, maka sektor atau bidang lain juga turut terbenahi,” ujar Syamsuri yang juga pernah menjadi pengurus HABSU.

Dia menambahkan, hari jadi ke-2 FKBMU terasa sangat spesial karena di tengah-tengah padatnya jawal kunjungannya, Gus masih sempat hadir dan turut bernyanyi bersama warga. “Terimakasih atas kehadiran Pak Gus, dan kami senantiasa mendukung dan berupaya maksimal untuk mengantarkan GusMan sebagai Gubsu-Wagubsu 2013-2018,” kata Syamsuri.

Leave A Response »

Switch to our mobile site