Hitung Cepat: GanTeng Menangi Pilgubsu

Alexander March 7, 2013 1
Hitung Cepat: GanTeng Menangi Pilgubsu

MEDAN – Pagi tadi rakyat Sumatera Utara sudah melaksanakan pemungutan suara untuk memilih Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagubsu) Sumatera Utara Periode 2013-2018. Hasil hitungan cepat, pasangan Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi (Ganteng) untuk sementara unggul dalam hitung cepat versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Ganteng mendapatkan 33,00 persen suara.

Di posisi kedua, pasangan Effendi Muara Sakti Simbolon dan Jumiran Abdi (Esja) dengan perolehan 26,83 persen. Sedangkan posisi ketiga pasangan Gus Irawan Pasaribu dan Soekirman dengan hasil 19,83 persen.

Pilgubsu yang digelar di 3.942 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Medan berlangsung aman dan tenang hingga selesai.

Pagi tadi, Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM bersama Wakil Walikota Drs H Dzulmi Eldin MSi didampinsi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan seperti Kapolresta Medan Kombes Pol Monang Situmorang, Dandim 0201/BS Letkol Inf Hendriyadi, Kajari Medan Bambang Riawan Pribadi SH, Ketua KPU Medan Dra Evi Novida Ginting MSP, Ketua Panwaslu Medan Masa Padang serta Desk Pilkada Medan meninjau sejumlah TPS di tiga kecamatan berbeda di Medan.

“Dari hasil peninjauan bersama kita lakukan, TPS  yang kita kunjungi umumnya telah siap melaksanakan  pemungutan suara  untuk memilih Cagub dan Cawagubsu. Termasuk logistik pemilu kada yang kita tinjau telah sampai dan siap didistribusikan ke seluruh TPS. Begitu juga dengan kartu C6 yang digunakan untuk memilih, telah kita cek melalui kepala lingkungan dan kelurahan sudah disalurkan,” kata Rahudman.

Jika pun masih ada sejumlah warga yang belum mendapatkan kartu C6, jelas Rahudman, umumnya warga yang bersangkutan sudah pindah dari wilayah tempat tinggal sebelumnya. Menurut Walikota, kartu C6 untuk dirinya jatuh di Kecamatan Medan Helvetia. Sebab, dia sebelumnya menetap di kecamatan tersebut. “Karena itu saya besok datang ke sana (Medan Helvetia) untuk memilih,” ungkapnya.

Di samping masalah kesiapan  TPS berikut logistik pemilukada, Wali Kota juga melihat animo warga  menyambut Pilgubsu 2013 cukup tinggi. Terbukti dari sejumlah TPS yang dikunjungi, masyarakat tampak sangat antusias dan menyatakan siap untuk menyalurkan pilihan sesuai dengan hati nurani masing-masing. “Jadi kita berharap Kota Medan tetap aman dan kondusif besok,” harapnya.

Walikota mengimbau seluruh camat untuk mengecek persiapan semua TPS di wilayahnya masing-masing. “Mulai hari ini sampai malam, kita minta seluruh camat untuk mengecek semua persiapan TPS  bersama dengan Ketua PPK, termasuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS),” ujarnya

Walikota beserta rombongan pertama kali mendatangi Balai Desa Kelurahan Helvetia, Kecamatan Medan Helvetia. Di tempat itu tersimpan logistik pemilukada  yang akan didistribusikan ke seluruh TPS di Kecamatan Medan Helvetia. Menurut Ketua PPK Kecamatan Medan Helvetia Juliandar SH,  jumlah TPS  seluruhnya 278, sedangkan khusus Kelurahan Helvetia berjumlah 28 TPS dan jumlah pemilih di Kecamatan Medan sebanyak 143.258 orang.

Ketua KPU Kota Medan, Dra Evi Novida Ginting MSP, mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan 3.942 TPS  bagi warga Medan untuk menyampaikan hak pilihnya. Terkait pengamanan, Evi mengaku pihaknya akan dibantu aparat kepolisian, di mana  seorang aparat kepolisian akan menjaga 3 sampai 4 TPS. Ditambah dengan dua orang Pam TPS dari KPPS. (Muhammad isya)

One Comment »

  1. baktiar March 13, 2013 at 3:06 pm - Reply

    maju menuju kesucsesan intertaiment

Leave A Response »

Switch to our mobile site