LPBSU-2011-foto-bersama-pemenang-kategori-Math,-Physics,-Computer

Jadilah Pemenang Lomba Sains Tingkat Dunia

MEDAN – Lomba Peneliti Belia Sumatera Utara (LPBSU) adalah suatu kegiatan lomba penelitian untuk menyeleksi siswa sekolah menengah (usia 13-19 tahun) tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Melalui perlombaan ini diharapkan dapat ditumbuhkan iklim penelitian di kalangan siswa sekolah menengah, mengingat peneliti yang unggul biasanya terbentuk jika dimulai sejak usia belia. Juga sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang sains dan mengembangkan penelitian di Sumatera Utara.

logo-LPBSU-2013LPBSU 2013 ini merupakan tahun pelaksanaan yang keempat kalinya, dan memperlombakan bidang Matematika, Fisika, Ilmu Komputer, dan Ekologi (Biologi, Kimia, Psikologi dan Lingkungan).

Juara LPBSU 2013 di masing-masing bidang tersebut nantinya akan diikutsertakan dalam Seleksi Nasional yang akan membentuk Tim Indonesia untuk diberangkatkan ke International Conference of Young Scientist (ICYS) 2014 yang berlangsung di Ukraina dan Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) 2014 di Taiwan.

Jika melihat pelaksaanaan LPBSU 2012 yang lalu, antusiasme pelajar Sumatera Utara dalam mengikuti LPBSU ini termasuk tinggi. Mengingat ada sebanyak 66 judul penelitian yang masuk ke meja panitia dengan diikuti 19 sekolah di tingkat propinsi Sumatera Utara, meliputi 3 kabupaten (Deliserdang, Tapanuli Tengah, Tobasa) dan 3 kotamadya (Medan, Binjai dan Tebing Tinggi).

Dilihat dari prestasi yang telah diraih, pemenang LPBSU ini juga telah memberikan prestasi sangat membanggakan. Pertama kalinya LPBSU dilaksanakan pada tahun 2010, dua siswa Sumatera Utara berhasil lolos ke ajang ICYS 2011 yang diselenggarakan di Moscow-Rusia dengan membawa prestasi The Best Research Presentation. Dan dari hasil LPBSU 2011, siswa Sumut kembali lolos keajang ICYS 2012 di Nijmegen Belanda, dan berhasil meraih Medali Perunggu.

Sedangkan untuk kegiatan APCYS 2012 yang diselenggarakan di Palangkaraya – Indonesia, dua siswa Sumut berhasil meraih Medali Perunggu dan Perak.

LPBSU 2013 rencananya akan dilaksanakan Sabtu, 2 November 2013 di The Tiara Hotel, Jalan Cut Mutia Medan. Selain lomba penelitian, LPBSU 2013 juga akan diisi dengan seminar dan workshop untuk guru dan siswa untuk mengenalkan mereka metode penelitian sederhana di bidang matematika, fisika, komputer dan ekologi.

LPBSU2013 kali ini merupakan kerjasama Surya Institute Jakarta dengan PT. Planet Hijau Agrobiotek. Untuk mendapatkan informasi mengenai LPBSU 2013 dapat dilihat di Fanpage FB : LPBSU, Twitter: @LPBSU2013 atau melalui email: lpbsu2013@gmail.com

 

 

Share This Article

Lagi, Toko Emas di Medan Dirampok

Next Story »

Tim Advokasi Buruh Media Sumatera Utara Siap Gugat Kiss FM Group

One Comment

  1. September 18, 2013

    wah pelajar hebat dari guru yang hebat juga..

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    4 weeks ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • Dr-Lee-Lasik

    Mata Indah: Antara Rias Wajah dan Kesehatan

    4 weeks ago

    JAKARTA – Keanekaragaman produk riasan mata, lensa kontak mewah, kacamata hitam yang keren, dan bingkai kacamata rancangan desainer ternama menyiratkan satu tujuan; orang ingin membuat mata mereka ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • indian-cuisine-edit

    Nikmati Indian Cuisine di JW Marriott Medan

    2 days ago

    MEDAN – Diwali yang jatuh pada 23 Oktober 2014 turut dirayakan di Marriott Café JW Marriott Hotel, Medan. Diwali adalah festival tahun baru dalam agama Hindu. Festival ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • valentino-rossi-sepang

    Yuk Nonton MotoGP Sepang

    4 days ago

    MEDAN – Anda suka menonton adu kebut roda dua terkencang di sirkuit jalanan, MotoGP? Mungkin Anda bisa menandai kalendar pada 24-26 Oktober mendatang. Saat itu, di Sirkuit ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More