Kapolda-Sumatera-Utara

Kasus Narkoba Anak dan Remaja Meningkat

MEDAN – Kasus anak dan remaja tersangkut narkoba setiap tahunnya meningkat drastis. Berdasarkan data yang diperoleh dari Polda Sumut, jumlah anak dan remaja yang terlibat kasus narkoba dari tahun 2005 hingga tahun 2011 mencapai 2.194 kasus.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro kepada MedanMagazine pada acara Dialog dan Tatap Muka, Dinas Kominfo Kota Medan yang digelar di SMK Negeri 11 Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (9/11/2011).

Kapolda Sumut menjelaskan, dialog interaktif yang digelar di SMK Negeri 11 Medan tersebut bertujuan untuk memberikan arahan, pencegahan dan bahaya narkoba kepada para siswa.

Mengingat jumlah pelajar yang terlibat kasus narkoba setiap tahunnya meningkat drastic, Kapoldasu merasa perlu dilakukan dialog bersama para pelajar. “Kita melihat kasus narkoba terus meningkat dengan angka yang cukup tinggi, terkhusus di kalangan pelajar. Dengan dialog seperti ini, Kapolda Sumut akan segera melalukan tindakan preventif sebagai upaya dalam mencegah kasus narkoba tersebut,” ujarnya.

Kapolda Sumut menambahkan, kasus narkoba yang terjadi pada anak di bawah umur 15 tahun dari tahun 2005 hingga 2011 mencapai 173 kasus. Sementara untuk remaja yang berusia 16 sampai 19 tahun mencapai 2.194 kasus. Jumlah kasus tersebut dengan klasifikasi untuk kalangan pelajar sebanyak 719 kasus dan mahasiswa sebanyak 466 kasus.

Melihat tingginya kasus narkoba di kalangan pelajar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Drs Hassan Basri, MM mengatakan bahwa untuk mengurangi dan memberantas kasus narkoba tersebut, Dinas Pendidikan telah bekerja sama dengan Kapolda Sumut, Pemerintah Kota Medan, LSM dan lembaga-lembaga yang terkait untuk melakukan sosialisasi pencegahan narkoba ke berbagai sekolah.

“Dalam acara ini, kita juga mengundang 27 perwakilan dari Kepala Sekolah. Agar melihat dan memberikan pencegahan terhadap bahayanya narkoba,” kata Hassan.

Upaya lain yang dilakukan Dinas Pendidikan adalah dengan cara membangun karakter para siswa sejak dini. Memaksimalkan para siswa dan siswi untuk selalu melakukan hal-hal yang positif dan kreatif agar dapat bermanfaat terhadap bangsa.

Selain itu, dilakukan tes kesehatan di setiap sekolah. “Kesehatan itu sangat dipentingkan dalam lingkungan sekolah. Karena kalau kita menyimak kasus narkoba yang terjadi di kalangan pelajar ini, mereka hanya sebagai korban. Dengan kata lain, kita juga memerlukan bantuan masyarakat. Jika melihat anak-anak terlibat kasus narkoba, segera laporkan dan kita segera melakukan pembinaan berupa rehabilitasi kepada anak tersebut. (Laporan: Nirwansyah Sukartara/ nirwan@medanmagazine.com).

Share This Article

Emas di Medan Tembus Rp 515.000 per Gram

Next Story »

Emas London Murni Rp 509.500 per Gram

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    3 weeks ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • Dr-Lee-Lasik

    Mata Indah: Antara Rias Wajah dan Kesehatan

    3 weeks ago

    JAKARTA – Keanekaragaman produk riasan mata, lensa kontak mewah, kacamata hitam yang keren, dan bingkai kacamata rancangan desainer ternama menyiratkan satu tujuan; orang ingin membuat mata mereka ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • santika-medan

    Santika Medan Juarai Cooking Competition Food Medan Expo 2

    3 days ago

    MEDAN – Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan kembali menyandang juara 1 dalam ajang Cooking Competition Food Medan Expo ke-2, Minggu (12/10/2014). Santika Premiere Dyandra berhasil ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • valentino-rossi-sepang

    Yuk Nonton MotoGP Sepang

    3 days ago

    MEDAN – Anda suka menonton adu kebut roda dua terkencang di sirkuit jalanan, MotoGP? Mungkin Anda bisa menandai kalendar pada 24-26 Oktober mendatang. Saat itu, di Sirkuit ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More