Kebersihan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Jantung

Mohammed Bintang January 2, 2012 0
Kebersihan Gigi Bisa Pengaruhi Kesehatan Jantung

MULUT adalah bagian terpenting dari tubuh yang harus selalu dibersihkan karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Sayangnya, sampai saat ini masih ada segelintir orang menganggap sepele kebersihan dari organ tubuh yang satu ini.

Berikut ini adalah lima penyakit yang mungkin ditimbulkan akibat terganggunya kesehatan mulut:

1. Membahayakan jantung

Orang dengan penyakit gusi hampir dua kali lebih mungkin menderita penyakit arteri koroner ketimbang mereka yang tidak mengalami periodontitis. Sampai saat ini para peneliti tidak mengetahui betul hubungan antara keduannya. Tetapi, sebuah teori menyebutkan, bakteri berbahaya dari mulut akan memasuki aliran darah dan menempel pada plak lemak dalam pembuluh darah jantung Anda, yang kemudian mengarah ke peradangan sehingga meningkatkan risiko penggumpalan yang dapat memicu serangan jantung.

2. Gangguan memori

Beberapa penelitian menunjukkan, ada kemungkinan hubungan antara kesehatan mulut yang buruk dan peningkatan risiko demensia. Sebuah riset melibatkan 118 biarawati berusia antara 75-98 tahun menemukan, bahwa mereka dengan jumlah gigi paling sedikit cenderung berisiko menderita demensia. Para ahli berpikir, bakteri mulut dapat menyebar ke otak melalui saraf kranial yang terhubung ke rahang atau melalui aliran darah, dan dapat berkontribusi dengan jenis plak yang dikaitkan dengan alzheimer.

3. Tubuh sulit mengontrol gula darah

Orang dengan diabetes lebih mungkin memiliki penyakit periodontal dibandingkan mereka yang tanpa diabetes. Kondisi ini mungkin disebabkan karena penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi. Beberapa penelitian juga menemukan, bahwa penyakit gusi bisa membuat seseorang lebih sulit mengendalikan gula darah.

4. Mempengaruhi pernapasan

Menurut temuan dalam Journal of Periodontology, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan pneumonia. Infeksi tersebut mungkin disebabkan ketika bakteri di mulut yang terhirup masuk ke paru-paru, sehingga menyebabkan saluran udara mengalami peradangan (inflamasi).

5. Sulit memiliki bayi

Para peneliti dari Australia barat menemukan, bahwa perempuan usia subur dengan penyakit gusi rata-rata lebih lama dua bulan untuk hamil ketimbang perempuan tanpa penyakit gusi. Penelitian lain menemukan, bahwa wanita hamil dengan penyakit gusi lebih mungkin mengalami risiko keguguran lebih tinggi. (Kompas.com)

 

Leave A Response »

Switch to our mobile site