bawang-merah-dan-cabe-medan-magazine

Naik 33,79%, Bawang Merah Picu Inflasi di Sumut

MEDAN – Harga bawang merah yang naik sebesar 33,79 persen pada bulan April 2013 memicu terjadi inflasi di Sumatera Utara (Sumut). Di mana seluruh kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumut mengalami inflasi, yaitu Medan sebesar 0,74 persen, Pematangsiantar sebesar 0,31 persen, Sibolga sebesar 0,74 persen dan Padangsidimpuan sebesar 0,81 persen. Dengan demikian, Sumatera Utara pada bulan April 2013 mengalami inflasi sebesar 0,70 persen.

”Terjadinya inflasi pada bulan April 2013 menyebabkan laju inflasi kumulatif (bulan April 2013 terhadap bulan Desember 2012) masing-masing kota sebagai berikut: Medan 3,20 persen, Pematangsiantar 3,82 persen, Sibolga 4,48 persen, dan Padangsidimpuan 1,90 persen. Sementara itu, inflasi kumulatif untuk Sumatera Utara sebesar 3,25 persen,” kata Kepala BPS Provinsi Sumut, Drs Suharno, MSc, di kantornya, Rabu (1/5/2013).

Terjadinya inflasi pada bulan Maret 2013 menyebabkan laju inflasi year on year (bulan April 2013 terhadap bulan April 2012) masing-masing kota sebagai berikut: Medan  6,35 persen, Pematangsiantar 6,33  persen, Sibolga 6,67 persen, dan Padangsidimpuan 5,37 persen. Sementara itu, inflasi year on year untuk Sumatera Utara sebesar 6,32  persen.

“Terjadinya inflasi di Medan pada bulan April 2013 dipengaruhi oleh adanya kenaikan harga pada beberapa komoditas antara lain: bawang merah, angkutan udara, upah pembantu rumahtangga, rekreasi, daging ayam ras, cabe merah, dan tomat buah,” ujar Suharno.

Adapun persentase kenaikan harga komoditas tersebut antara lain sebagai berikut: Harga bawang merah naik sebesar 33,79 persen,tarif angkutan udara naik sebesar 9,47 persen, upah pembantu rumahtangga naik sebesar 4,29 persen, rekreasi naik sebesar 60,00 persen,harga daging ayam ras naik sebesar 7,06 persen, cabe merah naik sebesar 9,86 persen,tomat buah naik sebesar 33,22 persen.

Dari 16 kota IHK di Pulau Sumatera, 13 kota mengalami inflasi, di mana inflasi tertinggi terjadi di Padangsidimpuan sebesar 0,81 persen dan inflasi terendah terjadi di Palembang sebesar 0,04 persen. Sedangkan 3 (tiga) kota mengalami deflasi, dimana deflasi tertinggi terjadi di Bandar Lampung sebesar 0,48 persen dan deflasi terendah terjadi di Tanjung Pinang sebesar 0,01 persen. (Muhammad Isya)

Share This Article

Jaksa Labuhan Deli Tidak Tahan Tersangka Penganiaya

Next Story »

DPK Perbankan Sumut Tumbuh 7,04 %

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    3 months ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • sleepy-girl

    Awas 5 “Warning” Tubuh Ini

    4 days ago

    MEDAN – Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan semestinya. Ketika pola makan Anda kurang nutrisi, jangan heran jika akan mengalami gejala-gejala aneh pada tubuh. ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • santika-medan

    Yuk Cicipi Masakan Italia di Santika Medan

    2 weeks ago

    MEDAN – Bulan Desember ini, Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan diramaikan dengan makanan Indonesia dipadukan dengan Italia dalam gelaran awal bulan Raon-raon Saminggu Makan Sukak-Sukak ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Panda-Singapura

    Kenapa Panda Berwarna Hitam Putih?

    2 months ago

    JAKARTA – Panda yang berasal dari Cina adalah hewan yang sangat langka. Diperkirakan hanya ada sekitar 2.000 sampai 3.000 panda di seluruh dunia. Bentuk tubuh panda sangat ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More