Pakai Gigi Palsu? Gunakan Krim Perekat

Alexander September 3, 2012 0
Pakai Gigi Palsu? Gunakan Krim Perekat

MEDAN – Seiring bertambahnya usia, gigi manusia yang berfungsi untuk melakukan pengunyah makanan juga mulai mengalami penurunan kekuatan. Yang paling sering terjadi adalah gigi tanggal atau copot. Akibatnya, fungsi pengunyahan pun menjadi berkurang.

Untuk mengantisipasi pengurangan fungsi, para lanjut usia (lansia) yang mengalami penjatuhan gigi, berupaya menanggulanginya dengan cara merestorasi dengan gigi tiruan atau disebut dengan istilah keilmuan prostodonsia.

Akan tetapi, penggunaan gigi tiruan kerap mendapatkan masalah seperti gigi bergoyang ketika sedang makan dan bicara sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Menurut Ketua Ikatan Prostodonsia Indonesia (IPORSI) cabang Medan, Prof Ismet, kualitas pengguna gigi tiruan bisa menjadi baik jika memanfaatkan kirim perekat gigi tiruan.

Hal senada disampaikan GSK Dental Detailing Manager, Ariandes Veddytaro. Menurutnya, berdasarkan survei LSI 2010, di Indonesia pengguna gigi tiruan mencapai 25 juta.

“Tetapi, yang memakai krim perekat gigi tiruan hanya hanya sekitar 6 persen. Hal ini dikarenakan minimnya edukasi pemanfaatan krim perekat gigi,” katanya.

Dijelaskannya, krim perekat gigi tiruan justru membantu para lansia agar tetap merasa nyaman mengunakan pemakaian gigi tiruan tesebut.

“Krim perekat gigi tiruan, seperti Polident, terbuat dari bahan yang mengandung Sodium Carboxy Methylcellose yang bisa membantu daya kunyah pengguna gigi tiruan hingga 74 persen,” katanya.
(Rizki Ardhani)

 

Leave A Response »

Switch to our mobile site