Pelatihan Koperasi Ajak Wanita Sumut Mandiri

Alexander July 5, 2012 0
Pelatihan Koperasi Ajak Wanita Sumut Mandiri

MEDAN – Koperasi Syariah BMT W.I Siti Khadijah menggelar acara pelatihan koperasi untuk perkumpulan organisasi wanita atau koperasi-koperasi lainnya di Medan sebagai media untuk mengajak para wanita hidup mandiri dan kreatif agar bisa membantu mensejahterakan perekonomian keluarganya.

Hal ini disampaikan Ketua Koperasi BMT W.I Siti Khadijah, Dra Pujiati kepada Medan Magazine di Jalan Suka Elok, STM Ujung No 10, Selasa (3/7/2012). Pujiati menerangkan, kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat memberikan ilmu dan pendidikan bagi para masyarakat, khususnya yang mau membuat koperasi dan yang telah menjadi anggota.

“Pendidikan ini sangat penting, agar para anggota tahu bagaimana menjalankan koperasi itu dengan baik agar tidak ada masalah-masalah di dalam perjalanannya nanti. Ini juga bagus bagi organisasi yang masih mau membuat koperasi, agar mereka tahu apa tujuan, landasan dan manfaatnya serta bagaimana mekanisme untuk membentuk sebuah koperasi baik untuk tingkat kabupaten/kota, provinsi atau antar provinsi,” paparnya.

Menurutnya, masalah-masalah internal dalam sebuah organisasi atau koperasi tidak dapat dihindarkan, untuk itu harus ada pendidikan-pendidikan kepada anggota agar dapat menjalankan koperasi dengan baik tanpa ada prasangka-prasangka buruk kepada para anggota lainnya.

“Kalau untuk koperasi simpan pinjam, yang rentan terjadi masalah, koperasi kita telah mengaturnya yakni dengan membatasi yang boleh melakukan simpan pinjam ini adalah hanya untuk para guru saja, dan harus ada yang mengawasinya. Alhamdulilah sampai saat ini lancar,” paparnya.

Ia juga mengharapkan agar pelatihan koperasi dapat terus dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan khususnya anggotanya sendiri tentang koperasi.

“Kalau semua sudah paham, maka usaha kita juga akan meningkat. Dengan meningkatnya hasil usaha kita, maka keuntungan yang didapat juga akan bertambah. Sehingga dapat membantu masyarakat lainnya, yakni membukakan lapangan pekerjaan bagi para anak-anak muda di suatu daerah, sehingga koperasi dirasakan kehadirannya seperti yang dkatakan oleh Ibu Mardiana,” ungkapnya. (Puput Julianti Damanik)

Leave A Response »

Switch to our mobile site