Pendaftaran Unimed Jalur Undangan Mulai Hari Ini

Alexander February 1, 2012 1
Pendaftaran Unimed Jalur Undangan Mulai Hari Ini

MEDAN – Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan/Bidik Misi Tahun 2012, seleksi akan dilaksanakan 9 Maret s/d 15 Maret 2012.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unimed, Prof Dr Ibnu Hajar MSi didampingi Ketua Panitia SNMPTN, Prof Dr Khairil Ansyari MPd, Humas SNMPTN, DR Budi Valianto MPd kepada wartawan, di Ruang Rapat Biro Rektor, Selasa sore (31/1/2012).

Prof Ibnu Hajar menyebutkan, pendaftaran jalur undangan dimulai 1 Februari s/d 8 Maret 2012, pukul 08.00 WIB s/d 22.00 WIB dilakukan secara online dan cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://undangan.snmptn.ac.id.

Tata cara pengisian borang pendaftaran dapat diunduh (download) dari laman http://undangan.snmptn.ac.id mulau tanggal 20 Januari 2012, pendaftaran ulang diterima 12 s/d 13 Juni 2012. Biaya pendaftaran Rp 175.000 per siswa.

Bagi calon peserta bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Harus didaftarkan oleh kepala sekolah melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Bagi peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.

Apabila calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh kepala sekolah untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran. Siswa yang memperoleh KAP dan PON dapat mendaftar/mengisi biodata melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id.

Apabila calon peserta bidikmisi tidak memenuhi persyaratan seleksi jalur undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui jalur seleksi undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN jalur ujian tertulia tanpa harus membayar biaya ujian.

Program studi dan jumlah pilihan, siswa pelamat dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati dengan dua programs tudi yang diminati pada masing-masing PTN. Urutan program PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id pada periode waktu pendaftaran. Siswa pelamara wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi dan PTN pilihan pertama. Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikuti pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan studi pada PTN pilihan kedua.

Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi http://snmptn.ac.id. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter SNMPTN: @2012snmptn, Facebook (http://www.facebook.com/groups/snmptn), http://halo.snmptn.ac.id dan call center 08041450450. Alamat panitia pelaksana SNMPTN 2012: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITM lantai 4, Jalan Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689; e-mail: panitia@snmptn.ac.id.

“Penerimaan mahasiswa baru jalur undangan harus memenuhi prinsip, adil, transparan dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi,” ujar Ibnu.

Disebutkannya lagi, mahasiswa yang akan diterima sebanyak 1.049 orang terdiri dari 546 orang melalui jalur undangan dan 503 orang melalui bidik misi. “Kita berharap sekolah benar-benar mengirim utusannya sesuai dengan kriteria dan kemampuannya, tidak melakukan manipulasi,” tegas Ibnu. (Muhammad Isya)

One Comment »

  1. Maria Pasaribu March 2, 2012 at 8:37 pm - Reply

    apakah yang di sediakan hanya uang ujian???

    terimah kasih

Leave A Response »

Switch to our mobile site