Pernak-Pernik Tintin Laris Manis

Mohammed Bintang November 27, 2011 0
Pernak-Pernik Tintin Laris Manis

BERBAGAI memorabilia yang berhubungan dengan Tintin, tokoh komik legendaris karya Herge, laku terjual dengan nilai total lebih dari 1,87 juta euro (Rp 22,4 miliar) dalam sebuah lelang di Paris, Perancis, Sabtu (26/11) waktu setempat. Beberapa barang terjual beberapa kali lipat dari nilai estimasinya.

Rumah lelang Artcurial di Paris melaporkan, total penjualan 856 memorabilia Tintin itu bernilai 1.873.396 euro. Nilai tersebut sudah termasuk berbagai biaya lelang. Nilai ini jauh melampaui estimasi awal yang memperkirakan bahwa semua memorabilia hanya akan terjual dengan harga 1 juta euro, seperti lelang serupa pada tahun lalu.

Salah satu barang yang paling diminati dalam lelang itu adalah gambar asli adegan pertempuran dalam komik Tintin berjudul “Rahasia Kapal Unicorn” yang diwarnai dengan cat air. Gambar ini diperkirakan hanya akan laku 35.000-40.000 euro, tetapi ternyata terjual dengan harga 168.900 euro (sekitar Rp 2 miliar).

Gambar asli lain dari episode “Penerbangan 714 ke Sydney” terjual pada penawaran akhir 90.100 euro, atau tiga kali lipat dari estimasi awal sebesar 25.000-35.000 euro. Satu edisi istimewa episode “Penjelajahan di Bulan”, yang ditandatangani oleh Herge dan enam astronot yang pernah benar-benar pergi ke bulan, laku 100.000 euro, atau 10 kali lipat dari perkiraan harga awal.

Satu benda lagi yang sangat unik adalah kartu ucapan yang dibuat sendiri oleh Herge, dengan gambar Tintin dan anjing setianya, Snowy, melambai dari dalam roket berwarna merah putih yang ada dalam dua episode komik perjalanan ke Bulan, terjual dengan harga 40.000 euro.

Komik Tintin menceritakan petualangan seorang wartawan muda dari Belgia bernama Tintin dan anjingnya, Snowy, ke berbagai tempat di dunia, termasuk mampir ke Indonesia dalam episode “Penerbangan 714″.

Komik yang digarap dari tahun 1929 sampai 1983 ini terjual lebih dari 200 juta kopi di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke lebih dari 50 bahasa, menjadikannya salah satu komik paling legendaris sepanjang sejarah.

Pengarangnya, Georges Prosper Remi, lebih populer dengan sebutan Herge. Nama itu dari cara pengucapan inisialnya yang dibaca dari belakang, RG.

Sementara itu, film The Adventures of Tintin yang dibesut sutradara Steven Spielberg mendapat sambutan meriah dan positif dari seluruh dunia.(kompas.com)

Leave A Response »

Switch to our mobile site