Persiapan Panitia Qurban di Medan Lancar

Alexander November 3, 2011 Comments Off
Persiapan Panitia Qurban di Medan Lancar

MEDAN – Panitia hari Raya Idul Adha 1432 H di berbagai masjid di Medan tidak mengalami kendala menjelang H-4, baik dari segi teknis dan non teknis.

Persiapan yang baik terlihat dari berbagai persiapan menjelang kegiatan Idul Adha di berbagai mesjid, seperti pemasangan teratak yang telah dilakukan pada H-4.

“Pemasangan teratak sudah mulai dilakukan sejak hari ini. Untuk kupon dalam pengambilan daging akan disebar pada tanggal empat. Untuk lembu sendiri, akan diantar pada malam lebaran,” tutur Badan Kenaziran Mesjid (BKM) Al- Falah, Glugur, Rusli Awi (56 tahun), Rabu (2/11/2011).

Pemotongan hewan kurban dilakukan sebanyak dua kali di masjid ini. Hari pertama, akan ada tiga ekor lembu yang dikurbankan. Sedangkan pada hari kedua, ada sembilan ekor lembu. “Pemotongan dilakukan dua tahap karena pada tahap pertama kurban yang ada adalah milik BKM mesjid ini dan tahap kedua adalah kurban yang dimiliki oleh masyarakat setempat,” tutur Rusli.

Rusli juga mengatakan, pemilihan hewan qurban dipercayakan oleh masyarakat kepada pihak masjid. “Masyarakat hanya memberikan dana kepada panitia. Lembu yang akan dikurbankan dipercayakan kepada panitia. Peserta qurban membayar qurbannya sebesar satu juta dua ratus ribu rupiah, untuk setiap orangnya. Satu lembu dimiliki oleh tujuh orang,” tambah Rusli.

Hal serupa dikatakan oleh BKM Juang 45, Haris. Dia mengatakan hingga saat ini belum ada kendala menjelang lebaran Idul Adha. “Panitia, kupon, Lembu dan tempat sudah dipersiapkan secara baik,” katanya. (Laporan: Elfa Harahap)

Comments are closed.

Switch to our mobile site