Pertumbuhan Jumlah Penduduk Indonesia Mengkhawatirkan

RN April 19, 2012 0
Pertumbuhan Jumlah Penduduk Indonesia Mengkhawatirkan

MEDAN – Pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia saat ini cukup mengkhawatirkan.  Dibanding tahun lalu, saat ini jumlah penduduk bertambah sebanyak 4 juta jiwa. Karena itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat menargetkan peserta Keluarga Berencana dalam grand disain 2012 sebanyak 30 juta jiwa dengan pertambahan 7,3 juta akseptor baru.

Hal itu dipaparkan Kepala BKKBN Pusat, Sugiri Syarif dalam talk show Panggung Kependudukan dan Keluarga (Paduka) di Hotel Emerald Garden, Jalan Putri Hijau Medan, kemarin sore.

“Pertambahan penduduk saat ini bisa  dibilang cukup mengkhawatirkan. Dibandingkan tahun lalu pertambahan penduduk meningkat 4  juta jiwa. Karena itu kami menargetkan, KB 2012 harus mampu melayani 7,3 juta akseptor baru atau peserta KB harus bisa mencapai target 30 juta jiwa,” katanya.

Untuk mencapai target tersebut, BKKBN berusaha melakukan sosialisasi kepada dua aspek, yakni dengan memfokuskan target sosialisasi kepada generasi muda dan juga keluarga terpencil.

Sugiri menambahkan, sosialisasi KB sangat perlu diberikan kepada generasi muda untuk menunda  kawin usia muda. Efektifnya usia menikah bagi perempuan adalah berusia 21 Tahun.

Alasan  sosialisasi ini diberikan kepada generasi muda, karena yang terjadi saat ini pernikahan usia muda dapat meningkatkan angka kelahiran.

“Keadaan yang mengkhawatirkan ini solusinya ya dengan cara mengurangi angka kelahiran. Hal ini dikarenakan kita juga harus bisa menciptakan angka kelahiran yang seimbang, sehingga bisa membuat stabilitas negara dalam merancang pembangunan,” tambahnya. (Rizki Ardhani)

Leave A Response »

Switch to our mobile site