Medan Barat-20120418-00882

Pertumbuhan Jumlah Penduduk Indonesia Mengkhawatirkan

MEDAN – Pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia saat ini cukup mengkhawatirkan.  Dibanding tahun lalu, saat ini jumlah penduduk bertambah sebanyak 4 juta jiwa. Karena itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat menargetkan peserta Keluarga Berencana dalam grand disain 2012 sebanyak 30 juta jiwa dengan pertambahan 7,3 juta akseptor baru.

Hal itu dipaparkan Kepala BKKBN Pusat, Sugiri Syarif dalam talk show Panggung Kependudukan dan Keluarga (Paduka) di Hotel Emerald Garden, Jalan Putri Hijau Medan, kemarin sore.

“Pertambahan penduduk saat ini bisa  dibilang cukup mengkhawatirkan. Dibandingkan tahun lalu pertambahan penduduk meningkat 4  juta jiwa. Karena itu kami menargetkan, KB 2012 harus mampu melayani 7,3 juta akseptor baru atau peserta KB harus bisa mencapai target 30 juta jiwa,” katanya.

Untuk mencapai target tersebut, BKKBN berusaha melakukan sosialisasi kepada dua aspek, yakni dengan memfokuskan target sosialisasi kepada generasi muda dan juga keluarga terpencil.

Sugiri menambahkan, sosialisasi KB sangat perlu diberikan kepada generasi muda untuk menunda  kawin usia muda. Efektifnya usia menikah bagi perempuan adalah berusia 21 Tahun.

Alasan  sosialisasi ini diberikan kepada generasi muda, karena yang terjadi saat ini pernikahan usia muda dapat meningkatkan angka kelahiran.

“Keadaan yang mengkhawatirkan ini solusinya ya dengan cara mengurangi angka kelahiran. Hal ini dikarenakan kita juga harus bisa menciptakan angka kelahiran yang seimbang, sehingga bisa membuat stabilitas negara dalam merancang pembangunan,” tambahnya. (Rizki Ardhani)

Share This Article

Balitbang Kemdiknas Uji Petik Kunci Jawaban UN di Sumut

Next Story »

Target PBB Deliserdang Rp130 Miliar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    1 month ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • Dr-Lee-Lasik

    Mata Indah: Antara Rias Wajah dan Kesehatan

    1 month ago

    JAKARTA – Keanekaragaman produk riasan mata, lensa kontak mewah, kacamata hitam yang keren, dan bingkai kacamata rancangan desainer ternama menyiratkan satu tujuan; orang ingin membuat mata mereka ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • indian-cuisine-edit

    Nikmati Indian Cuisine di JW Marriott Medan

    1 week ago

    MEDAN – Diwali yang jatuh pada 23 Oktober 2014 turut dirayakan di Marriott Café JW Marriott Hotel, Medan. Diwali adalah festival tahun baru dalam agama Hindu. Festival ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Ananta-Nurudi-Sawung-Berpos

    Harapan Kalteng untuk Menpar Baru

    1 day ago

    PALANGKARAYA – Runner Up Putra Pariwisata Kalimantan Tengah 2013, Ananta Nurudi Sawung mengharapkan Menteri Pariwisata Kabinet Kerja, Arief Yahya, bisa mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Kalimantan Tengah ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More