logo-medanmagazine

Produksi Kedele Sumut Capai 4.812 Ton

MEDAN – Sepanjang Januari hingga Juli 2012,realisasi panen kedele di Sumatera Utara (Sumut) mencapai 3.906 hektar dengan jumlah produksi sebesar 4.812 ton. Atau rata-rata produktivitas kedele antara 1 hingga 1,2 ton per hektar.

“Petani kurang bergairah bertanam kedele karena harga jual di pasar anjlok bersaing dengan kedele impor yang harga jualnya murah,” jelas Kepala Dinas Pertanian Sumut, Ir. M. Roem melalui Kasub Bidang Program, Ir Lusiantini di kantornya Jalan AH Nasution Medan, Jumat siang (14/9/2012).

Diungkapkannya, di Sumut, tidak semua kabupaten/kota menanam kedele sebab tanaman ini masih merupakan tanaman sela, tidak menetap. Artinya, menanam setelah usai panen gabah. Disebutkan Lusy, realisasi panen maupun produksi yakni Kabupaten Deli Serdang.

Di kabupaten ini, realisasi panen seluas 1.251 hektar dengan produksi 1.541 ton menyusul Asahan dengan realisasi panen seluas 4.011 hektar dengan produksi 494 ton. Kabupaten Langkat 353 hektar realisasi panen dengan produksi 435 ton dan Serdang Bedagai 334 hektar realisasi panen dengan produksi 411 ton.

Sedangkan produksi 300 ton ada di dua kabupaten, 200 ton di empat kabupaten,100 ton ada di satu kabupaten. Sementara produksi di bawah 100 ton ada di 10 kabupaten.

Lusy menjelaskan, sejak Januari-Juli 2012 produksi panen tertinggi yakni bulan Mei yakni realisasi panen 838 hektar dengan produksi 1.006 ton. Disebutkannya, Januari realisasi panen 457 hektar, Februari 585
hektar, Maret 350 hektar, April 774 hektar, Mei 838 hektar, Juni 295 hektar dan Juli 607 hektar.

“Jadi produktivitas kedele di Sumut antara 1 hingga 1,2 ton per hektar. Sementara di Sumut ini tidak ada petani yang bertanam kedele dalam setahun secara terus menerus,” ujarnya.

Ketika ditanya jenis varietas atau bibit kedele,katanya, ada bibit yang diberikan kepada petani yakni CBN (Cadangan Benih Nasional) yakni anjasmoro dan kipas putih yakni benih bersertifikat. Namun belum semua petani menerimanya, karena memang masih terbatas.

“Jadi petani lain masih membeli sendiri. Harga beli bibit dan harga jual kedele bedanya tipis,jadi kalau mau menjual hasil panen, petani tetap merugi.

Memang, tambahnya, akibat harga kedele ‘anjlok” dan sulit mendapatkan benih bersertifikat petani bertanam kacang hijau dengan produksi sama dengan kedele yakni 1 ton per hektar. Kelebihan bertanam kacang hijau, katanya, menjualnya lebih baik dan untungnya lumayan.

Di Sumut, tambahnya, para petani usai panen tidak mengolah tanahnya, tapi menanam kembali dengan varietas lain selain kedele, juga palawija atau lain sebagainya.

Dia mengatakan, varietas kedelai cukup bagus selain diperoleh dari hasil penangkar benih di Sumut juga antar propinsi yakni didatangkan dari Aceh.Namun varietas yang ada belum mencukupi untuk kebutuhan tanam petani Sumut. Petani bertanam kedele yakni Desember, Januari dan Februari dengan masa panen selama 3 bulan atau sekitar 95 hari.

Lusy mengatakan, tahun lalu produksi kedelai 11.425 ton dan tahun ini diramalkan menurun. Namun ia tidak menyebutkan penurunan tersebut. Penurunan ini sebenarnya terkait dengan produktivitas kedele hanya 1-1,2 ton per hektar. Dengan kecilnya itu maka kalau harga jual Rp 5.000 per kg membuat pendapatan petani juga kecil. (Muhammad Isya)

Share This Article

Aparat Gabungan Tertibkan 12 Kios PKL di Pusat Pasar

Next Story »

Eropa dan AS Masih Krisis, Eksportir Sumut Pesimis

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    3 months ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • sleepy-girl

    Awas 5 “Warning” Tubuh Ini

    2 days ago

    MEDAN – Mencukupi kebutuhan nutrisi sangat penting agar tubuh bisa beraktivitas dengan semestinya. Ketika pola makan Anda kurang nutrisi, jangan heran jika akan mengalami gejala-gejala aneh pada tubuh. ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • santika-medan

    Yuk Cicipi Masakan Italia di Santika Medan

    1 week ago

    MEDAN – Bulan Desember ini, Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan diramaikan dengan makanan Indonesia dipadukan dengan Italia dalam gelaran awal bulan Raon-raon Saminggu Makan Sukak-Sukak ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Panda-Singapura

    Kenapa Panda Berwarna Hitam Putih?

    1 month ago

    JAKARTA – Panda yang berasal dari Cina adalah hewan yang sangat langka. Diperkirakan hanya ada sekitar 2.000 sampai 3.000 panda di seluruh dunia. Bentuk tubuh panda sangat ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More