PRSU Berhasil Tingkatkan Omzet Perajin Rotan Kota Medan

Produk Handycraft di PRSU

MEDAN – Sejumlah perajin rotan di Kota Medan mulai bergairah melangsungkan usahanya menyusul terus meningkatnya permintaan konsumen akan produk-produk kerajinan rotan.

 Ahmad, salah seorang perajin rotan yang mengikuti pameran di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-41 mengatakan, saat ini banyak warga yang mulai memesan hasil kerajinan rotan terutama kursi dan meja.
“Sejak hari pembukaan PRSU,memang permintaan cukup banyak,rata-rata 2-3 set kursi tamu, dan meja makan serta sejumlah aksesoris ruang tamu, seperti  cermin berbinkai dan lampu hias banyak dibeli” katanya,Sabtu malam (24/3/12).

Diungkapkannya, tiga  bulan terakhir ini kondisi daya beli masyarakat akan  kerajinan rotan lesu. Memasuki bulan Maret ini baru  bisa mengembangkan usahanya sekaligus mengikuti even PRSU ke 41 ini .

“Dibandingkan sewaktu mengikuti PRSU tahun-tahun sebelumnya pendapatan dari penjualan kerajinan rotan cukup signifikanlah,” sebut Ahmad.
Dijelaskannya, kendala yang dihadapinya sebagai perajin selama ini adalah terbatasnya bahan baku sehingga memicu terjadinya kenaikan harga. Selain dari Sumut sendiri, pihaknya paling banyak memasok bahan baku dari Kalimantan, Aceh dan Pekanbaru. Padahal, kata dia, kualitas rotan di Sumut cukup bagus namun karena produksi rotan Sumut sangat kecil terpaksa pihaknya memasok dari luar.

“Kondisi ini membuat biaya operasional semakin tinggi dan menyebabkan harga jual produk rotan buatannya lumayan tinggi. Untuk satu set kursi tamu misalnya, dipatok di atas Rp 3 juta, sedangkan kursi keluarga dipatok pada angka Rp 4,5 juta per set,” ujarnya.

Dengan meningkatnya jumlah pesanan dalam PRSU kali ini, Ahmad mengaku bergairah untuk memproduksi kerajinan-kerajinan rotan. Dia hanya berharap, pemerintah terus memperhatikan pelaku-pelaku UKM sepertinya khususnya dalam hal ketersediaan bahan baku yang makin hari makin mahal.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Medan, Qamarul Fattah mengatakan, pihaknya terus berupaya membina pelaku-pelaku UKM yang ada di Kota Medan bisa bertahan dan berkembang.

“Selama ini kami gencar melakukan pelatihan keterampilan serta melakukan beberapa upaya lainnya guna mendukung tumbuhnya sektor UKM,” kata Fatah kepada Medan Magazine melalui telepon seluluernya.

Selain pelatihan keterampilan, pihaknya juga mensosialisasikan pentingnya menjaga mutu produk UKM yang dihasilkan sehingga mampu bersaing di pasaran dan memiliki nilai jual tinggi.
“Kami juga akan terus mendekatkan pelaku UKM yang ada dengan pasar melalui even-even promosi seperti PRSU itu sehingga pendapatan perajin pun mereka bertambah,” ungkapnya. (Laporan: Muhammad Isya)

Share This Article

Harga Emas London Stagnan Rp 488.500 per Gram

Next Story »

Main Real Football di Global Teleshop Berhadiah BlackBerry

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • come-hell-or-high-water

    Yuk Nonton Film Dokumenter Bersama Konsulat AS

    3 months ago

    MEDAN – Tahun ini Konsulat AS Medan kembali mengadakan kegiatan American Film Showcase (AFS). Pembuat film Leah Mahan akan datang ke Medan dan Banda Aceh bersama dengan ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • Foto-3

    STAMINA

    2 months ago

    STAMINA – Dr. Rizal Al Idrus, menerangkan perubahan pola kebiasaan hidup sehari-hari yang dijalankan saat berpuasa, biasanya memang mempengaruhi stamina dan konsentrasi, serta menimbulkan bau mulut saat ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • World Baking Day 2015

    Artikel Sponsor: World Baking Day

    3 months ago

    TAHUKAH ANDA bahwa tanggal 17 Mei merupakan World Baking Day (Hari Memasak Sedunia)? Tahun ini, Blue Band, merk margarine yang sangat popular di Indonesia, mengajak kita memasak untuk ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Matthew-Ludji-(Kiri)-dan-Novita-Adipati-Chandra-(Kanan)-Berfoto-Bersama-Ketua-Adwindo-Adi-Pratama-di-Grand-Final-Pemilihan-Duta-Wisata-Indonesia-2014

    Balikpapan Kota Paling Dicintai Sedunia

    3 months ago

    BALIKPAPAN – Balikpapan dinobatkan sebagai The Most Lovable Sustainable City for 2015 atau kota paling dicintai di dunia dalam kampanye We Love Cities. Penghargaan ini merupakan bagian ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More