PRSU Harus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

Mohammed Bintang March 18, 2012 0
PRSU Harus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

MEDAN - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Gatot Pujonugroho ST mengajak masyarakat, pengusaha dan pemerintahan kabupaten/kota untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui event Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-41 tahun 2012.

“Even ini merupakan kalender tetap pemerintah Provinsi Sumut dalam rangka hari jadinya, yang mana tahun ini diperingati pada 15 April 2012. Atas nama pemerintah Sumut, kami sampaiakan selamat datang kepada peserta luar Provinsi Sumut, seperti Aceh,Sumatera Barat, Banten dan Kalimantan Timur,” ujarnya saat membuka  resmi PRSU ke-41, di eks Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat malam (16/3/12).
Khusus kepada tamu tetangga Malaysia,ungkapnya,Provinsi Sumut menyampaikan penghargaan dan terimakasih karena telah mengikuti even ini, semoga dapat terjalin baik terutama dalam upaya meningkatkan perdagangan, seni budaya, dan kepariwisataan.
Melalui even ini,dia mengharapkan dapat mengakomodir minat investor dan pengusaha swasta terutama sub sector industri kecil dan menengah (UKM).

Hal ini, katanya, sebagai pengungkit dana memberikan kontribusi signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang saat ini, sedang menghadapi tantangan yang berat sebagai imbas dari rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada April mendatang.

“Kami menyadari tantangan ke depan masih sangat berat bagi perekonomian nasional terutama akibat krisis keuangan global. Meski demikian, berbagai peluang masih tersedia. Potensi Sumut masih besar, namuan memerlukan pembenahan dalam berbagaai aspek. Itulah sebabnya promosi bisnis dan pariwisata seperti even PRSU ini bukan sekedar tuntutan tapi keharusan,” jelas Gatot.
Dia mengharapkan, peran Bupati dan Walikota di Sumut, dunia perbankan, BUMN dan BUMD, pemerintah bersama segenap potensi yang ada berkewajiban memajukan dan mendorong UKM. UKM memiliki peran penting dalama pengembangan usaha di Indonesia,” jelas Gatot, yang mengenakana busana adat Batak Samosir diberikan Bupati Kabupaten Samosir, Mangindar Simbolon.
Ketua Yayasan PRSU, Drs Panusunan Pasaribu MM mengatakan,tahun ini, tercatat 270 peserta yang mengikuti PRSU ke-41. Jumlah ini dibandingkan tahun sebelumnya bertambah 4 peserta.
Sesuai dengan visinya,sebutnya, penyeelenggaraan PRSU diupayakan mendorong keikutsertaan para pelaku dunia usaha dan terutama memberikan kesempataan yang seluas-luasnya kepada para pengusaha atau perajin Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang merupakan binaan BUMD dan BUMN.

“Pada klesempatan ini, perkenankan kami menyampaikan terimakasih kepada Bupati Samosir dan pemerintah Kabupaten Samosir yang menjadi tuan rumah dan menampilkan kesenian daerahnya pada pembukaan PRSU ke 41 ini,” ujarnya. (Laporan: Muhammad Isya)

Leave A Response »

Switch to our mobile site