Rahudman: Jangan Buang Sampah ke Sungai

Alexander April 22, 2013 0
Rahudman: Jangan Buang Sampah ke Sungai

MEDAN – Walikota Medan Rahudman Harahap menghimbau seluruh masyarakat di bantaran sungai tidak membuang sampah ke dalam sungai. Imbauan itu disampaikannya usai gotong royong membersihkan sampah di bantaran Sungai Berderah, Jalan Pasar I, perbatasan Kelurahan Tanjung Sari dan Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, bersama Konsulat AS di Sumatera, Kathryn Cockart, Senin (22/4/2013).

”Saya minta kepling menyediakan tempat pembuangan sampah (TPS) di lingkungan masyarakat yang  bermukim di bantaran sungai. Tidak baik jika masyarakat membuang sampah ke sungai. Selain mencemari sungai, juga dapat menimbulkan penyakit bagi masyarakat,” ujar Rahudman.

Ia menambahkan, lewat peringatan Hari Bumi ini, dirinya mengajak masyarakat menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Apalagi, kata Rahudman, Pemko Medan kini tengah berupaya menjadikan sungai bersih dari sampah.

Memperingati Hari Bumi, Walikota Medan Rahudman Harahap bersama Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Kathryn Cockart, melakukan aksi bersih-bersih di bantaran Sungai Berderah, Jalan Pasar I, perbatasan Kelurahan Tanjung Sari dan Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Senin (22/4/2013).

Ikut bersama mereka, ratusan kelompok lingkungan (kopling), kepala lingkungan (kepling), prajurit Yon Kaveleri 6 Serbu, warga sekitar, Deputi Konsul Amerika Serikat Trevor Olson, tokoh perempuan peduli lingkungan Dewi Budiarti, anggota DPR RI Mutia Hafid, Camat Medan Selayang Zul F Ahmadi, serta sejumlah pimpinan  SKPD di lingkungan Pemko Medan.

Usai gotong royong, Sungai Berderah terlihat jauh lebih bersih dari sebelumnya. Sampah-sampah yang berserakan dipungut dan disatukan ke dalam kantong plastik besar dan selanjutnya diangkut dengan truk sampah.

Leave A Response »

Switch to our mobile site