Vaksin Calon Haji 2011 Bebas Lemak Babi

Mohammed Bintang September 15, 2011 0
Vaksin Calon Haji 2011 Bebas Lemak Babi

MEDAN - Vaksin meningitis yang akan diberikan kepada setiap jamaah calon haji tahun 2011 dipastikan bebas dari lemak babi. Vaksin wajib untuk setiap orang yang memasuki jazirah Arab ini sempat membuat heboh pada musim haji 2010 lalu.

Kepastian tersebut diungkapkan Ketua Panitia Manasik Haji Sumut 2011 Eddy Azmar, Kamis (15/9) saat menghadiri persiapan manasik haji Bank Sumut di Asrama Haji, Medan.

“Saya bisa menjamin, insyaallah vaksin untuk jamaah calon haji tahun ini terbebas dari lemak babi,” kata Eddy.

Namun Eddy tidak menjelaskan secara rinci kapan jamaah haji mendapatkan suntikan vaksin mengintis itu. Namun seperti tahun-tahun sebelumnya, vaksin ini disuntikkan ke tubuh jamaah paling lambat dua minggu sebelum keberangkatan.

Vaksin ini diberikan kepada calon jamaah haji untuk mencegah bakteri meningitis yang masih menjadi endemis di beberapa negara. Umumnya dikenal dengan African Meningitis Belt yang berasal dari daerah sub-sahara Afrika.

Meningitis meningokokus adalah peradangan selaput otak dan selaput sumsum tulang belakang yang akut, kondisi ini disebabkan oleh bakteri gram negatif yang berkembang pada suhu panas atau dingin dengan kelembaban rendah.

Gejala atau tanda yang muncul adalah panas mendadak, mual, muntah, adanya ruam di kulit, nyeri pada kepala, fisik menjadi lemah bahkan hingga kesadaran yang menurun atau koma.

Pemberian vaksin meningitis ini menjadi syarat wajib dari pemerintah Arab Saudi bagi semua calon jamaah haji. Untuk di Indonesia pemberian vaksin meningitis merupakan tahap terakhir dari proses pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji. (BM)

Leave A Response »

Switch to our mobile site