vaksin4

Vaksin Calon Haji 2011 Bebas Lemak Babi

MEDAN - Vaksin meningitis yang akan diberikan kepada setiap jamaah calon haji tahun 2011 dipastikan bebas dari lemak babi. Vaksin wajib untuk setiap orang yang memasuki jazirah Arab ini sempat membuat heboh pada musim haji 2010 lalu.

Kepastian tersebut diungkapkan Ketua Panitia Manasik Haji Sumut 2011 Eddy Azmar, Kamis (15/9) saat menghadiri persiapan manasik haji Bank Sumut di Asrama Haji, Medan.

“Saya bisa menjamin, insyaallah vaksin untuk jamaah calon haji tahun ini terbebas dari lemak babi,” kata Eddy.

Namun Eddy tidak menjelaskan secara rinci kapan jamaah haji mendapatkan suntikan vaksin mengintis itu. Namun seperti tahun-tahun sebelumnya, vaksin ini disuntikkan ke tubuh jamaah paling lambat dua minggu sebelum keberangkatan.

Vaksin ini diberikan kepada calon jamaah haji untuk mencegah bakteri meningitis yang masih menjadi endemis di beberapa negara. Umumnya dikenal dengan African Meningitis Belt yang berasal dari daerah sub-sahara Afrika.

Meningitis meningokokus adalah peradangan selaput otak dan selaput sumsum tulang belakang yang akut, kondisi ini disebabkan oleh bakteri gram negatif yang berkembang pada suhu panas atau dingin dengan kelembaban rendah.

Gejala atau tanda yang muncul adalah panas mendadak, mual, muntah, adanya ruam di kulit, nyeri pada kepala, fisik menjadi lemah bahkan hingga kesadaran yang menurun atau koma.

Pemberian vaksin meningitis ini menjadi syarat wajib dari pemerintah Arab Saudi bagi semua calon jamaah haji. Untuk di Indonesia pemberian vaksin meningitis merupakan tahap terakhir dari proses pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji. (BM)

Share This Article

21 Warga Medan Tewas Akibat DBD Sepanjang 2011

Next Story »

Laga Manchester United VS Chelsea Bakal Sengit

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Film

  • the-equalizer

    The Equalizer

    1 month ago

    MEDAN – Sebuah gebrakan besar baru-baru ini lahir dari sutradara Antoine Fuqua yang sebelumnya dikenal  dengan  film-film bertema  kriminal  seperti  Training Day, Brooklyn Finest, hingga Olympus Has ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    SexHealthLiving

  • Dr-Lee-Lasik

    Mata Indah: Antara Rias Wajah dan Kesehatan

    1 month ago

    JAKARTA – Keanekaragaman produk riasan mata, lensa kontak mewah, kacamata hitam yang keren, dan bingkai kacamata rancangan desainer ternama menyiratkan satu tujuan; orang ingin membuat mata mereka ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Culinary

  • indian-cuisine-edit

    Nikmati Indian Cuisine di JW Marriott Medan

    1 week ago

    MEDAN – Diwali yang jatuh pada 23 Oktober 2014 turut dirayakan di Marriott Café JW Marriott Hotel, Medan. Diwali adalah festival tahun baru dalam agama Hindu. Festival ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Travel

  • Ananta-Nurudi-Sawung-Berpos

    Harapan Kalteng untuk Menpar Baru

    1 day ago

    PALANGKARAYA – Runner Up Putra Pariwisata Kalimantan Tengah 2013, Ananta Nurudi Sawung mengharapkan Menteri Pariwisata Kabinet Kerja, Arief Yahya, bisa mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Kalimantan Tengah ...

    Read More
  • Brows more Blog post

    More

    Classified Ads

    Brows more Blog post

    More